Strategi Pemilihan Kantor Cabang / Kantor Pemasaran (1)

Dalam pemilihan lokasi kantor cabang / kantor suatu perusahaan multi nasional, dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama tidak lepas dari strategi dan visi dari perusahaan tersebut, faktor apa yang menjadi prioritas dalam pemilihan kantor tersebut.
lokasi

Ada 3 hal yang menjadi pertimbangan penting dari sisi perusahaan untuk menentukan hal di atas, yaitu bisnis, properti dan branding, ketiga unsur/ departmen tersebut harus sama-sama terlibat untuk dapat menentukan lokasi dan kantor yang terbaik bagi perusahaan tersebut.
Dalam tulisan ini kita akan lebih banyak membahas mengenai perusahaan finansial seperti bank/ asuransi/ leasing, dan sebagainya.
Kalau kita jabarkan lagi, secara umum faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan kantor tersebut adalah:
1. Lokasi kantor tersebut apakah di jalan utama/primer, sekunder atau tersier
2. Transportasi
3. Suplai listrik
4. Perkembangan tata kota
5. kantor perusahaan pesaing/ sejenis
6. Jenis usaha daerah atau kawasan tersebut
7. Peraturan pemerintah –> badan usaha, pajak, dll
8. Keamanan
9. Harga

Menurut Render & Heizer, 2001, pemilihan lokasi yang strategis sangat penting dalam menentukan bisnis dari perusahaan tersebut, sebaliknya kesalahan dalam menentukan lokasi bisa mengakibatkan hambatan dalam bisnis tersebut. Biasanya untuk perusahaan manufaktor lokasi harus dekat dengan bahan baku, sedangkan untuk perusahaan jasa, harus dekat dengan pelanggan/ customer yang menjadi target pemasaran jasa tersebut.

Selanjutnya akan dibahas pada tulisan berikutnya….

Regards,
ADjie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s