Pentingnya Peran Facility Management dalam penerapan Green Building

Pentingnya Peran  Facility Management

Setelah pemilik bangunan, tim desain dan tim kontraktor selesai membangun dan seluruh persyaratan untuk sertifikasi telah disampaikan kepada GBCI (Green Building Council Indonesia), selesailah perjalanan untuk menghasilkan green building. Benarkah begitu?

Salah besar. Karena pada dasarnya green building bukan lomba desain, tapi hasil akhirnya dilihat dari unjuk kerja atau performa bangunan. Apakah pada saat digunakan bangunan tersebut hemat energi? Apakah bangunan tersebut betul hemat air? Apakah bangunan tersebut menghasilkan kualitas lingkungan dalam ruang yang sehat untuk penggunanya? Apakah bangunan tersebut dibersihkan dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan?

Lebih jauh lagi, kalau bangunan tersebut adalah bangunan komersial yang disewakan kepada pihak ketiga, pertanyaannya menjadi apakah si penyewa menggunakan ruangnya dengan hemat energi? Lalu apakah karyawan si penyewa hemat dalam menggunakan air? Apakah si penyewa mendukung penggunaan sarana transportasi umum? Apakah si penyewa menggunakan peralatan kantor yang ramah lingkungan? Apakah si penyewa mendukung penghematan energi dengan menghargai desain sistem AC yang sudah ada atau menambah split air conditioning di dalam ruangnya?

Pertanyaan-pertanyaan di atas membawa kita pada kondisi bahwa ternyata desain dan konstruksi yang baik tidak pasti menghasilkan tujuan akhir suatu green building. Kegiatan-kegiatan pada masa operasional justru yang sangat menentukan tercapainya tujuan dan konsep-konsep yang diintegrasikan dalam desain bangunan.

Di dunia properti dikenal jasa facility management. Jasa ini melaksanakan kegiatan operasional bangunan dengan mengintegrasikan seluruh aspeknya, khususnya dari sisi pengguna bangunan. Dalam konteks bangunan sewa, penggunanya adalah si penyewa ruangan. Facility management berbeda dengan building management yang lebih berfokus pada area dan peralatan bersama (common area).

Karena yang memberi tugas adalah pemilik bangunan, bukan penyewa bangunan, building management umumnya tidak memiliki kontrol atas kegiatan operasional si penyewa bangunan. Facility management diberi tugas oleh pengguna bangunan, umumnya adalah si penyewa ruang. Karena itu kegiatan operasional pengguna ruang ada dalam kontrol langsungnya.

Green building memang berhubungan baik dengan building management maupun facillity management. Tapi karena kegiatan operasional pengguna ruanglah yang sangat mendikte penggunaan energi, air, produksi sampah, dan kegiatan operasional lainnya, facility management berperan lebih dominan dalam green building.

Building management bisa menentukan pola operasional yang sangat mendukung green building, tapi kalau pengguna ruang sama sekali tidak menghargai hal-hal tersebut, performa bangunan secara keseluruhan akan anjlok.

Negara tetangga kita, Singapura telah paham mengenai hal ini. Mereka telah mencanangkan bahwa pada tahun 2030, 80% bangunan di Singapura akan tersertifikasi sebagai green building menurut sistem rating Green Mark. Mereka telah juga berhitung bahwa untuk itu mereka membutuhkan sekitar 7 ribu orang facility manager. Karenanya secara bersamaan institusi-institusi pendidikan di Singapura telah menyelenggarakan jurusan facility management, baik program diploma, bachelor degree, bahkan master degree. Tidak kurang dari Temasek Polytechnic, NUS (National University of Singapore) bahkan Building Construction Authority Academy yang bekerjasama dengan University College London.

Bagaimana dengan Indonesia? Belum ada satupun. Tertinggal lagikah kita?

Tondy O. Lubis, LEED AP

Core Founder – GBCI
Director – Colliers FM

Sumber: http://www.propertiindonesia.co.id/2011/04/pentingnya-peran-facility-management/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s