Property Management

Property management berkembang dengan pesat di Indonesia, dalam beberapa tahun belakangan ini, seiring dengan pertumbuhan bangunan-bangunan komersial dan hunian seperti gedung perkantoran, hotel, mall dan  apartemen.

Dengan pertumbuhan ini secara tidak langsung konsultan building manajemen pun ikut tumbuh. Sebuah konsultan building manajemen harus bisa menjaga image sebuah gedung atau estate yang dikelola agar tetap nyaman dan aman bagi pengguna dan juga pengunjung. Karena inilah, yang nomor satu dalam
hal bisnis ini adalah pencitraan. Hal ini juga ada kaitannya dengan iklim bisnis ekonomi dengan supply dan demand di tiap kota yang jelas berbeda-beda grafiknya. Secara supply dan demand, konsultan pengelolaan gedung/building management ini pasti mengikuti pertumbuhan gedung-gedung atau estate
di sebuah kota tersebut.
Secara pengelolaan sebuah gedung dapat dibagi menjadi empat bagian berdasarkan fungsinya. Yang pertama adalah high tower. Bangunan seperti ini adalah gedung-gedung perkantoran seperti BRI Tower, Menara Intiland, Graha Pena, Graha Pangeran dan sebagainya.
Sedangkan yang kedua adalah
apartemen. Saat ini sudah banyak apartemen yang sudah berdiri dan pengelolaan gedungnya ditangani oleh perusahaan manajemen building (pengelola gedung) seperti ini.
Yang ketiga adalah Hotel. Hotel-hotel ini pun belakangan juga makin banyak yang menggunakan jasa pengelolaan gedung untuk mengatur, menjaga kebersihan, keamanan di lingkungannya.
Dan yang keempat adalah bangunan retail/mall (plaza). Estate ini juga meliputi pasar grosir/pasar induk modern yang sekarang mulai marak. Seperti ITC, DTC yang termasuk dalam gedung komersial area.

Dalam suatu  gedung dalam skala yang besar, kita tahu pasti ada pengelolaan gedung tersebut, namunorang awam tidak tahu bahwa kebanyakan
dalam sebuah gedung sebenarnya ada dua pihak yang mengelola. Yaitu pemilik gedung dan pengelola
gedung. Kedua belah pihak tersebut bisa dalam satu company.

Property management secara sederhana bisa diartikan menjadi pengelolaan gedung, dalam hal perawatan dan pemeliharaan properti (gedung) tersebut, untuk memberikan dan meningkatkan kepuasan pelayanan kepada tenant dan memberikan keuntungan kepada owner.

Terkadang kita mendengar istilah estate manager, property manager, building manager, dan facility manager. Memang di Indonesia, istilah-istilah tersebut masih sering rancu digunakan dan terkadang pula diartikan sebagai lingkup kerja yang sama.

Dalam beberapa referensi yang saya baca dan pejari sebenarnya lingkup dari property management ataupun pengelolaan gedung ini sangat luas, artinya semua kegiatan operasional property tersebut, termasuk perawatan gedung, pengelolaan keuangan, pengembangan kedepan, bahkan beberapa konsultan mencangkup marketing occupancy dari gedung tersebut.

Perbedaan pengelolaan estate (hunian landed) dengan gedung mungkin hanya pada fasilitas landscaping/tamannya. Karena di estate lebih banyak menggunakan landscaping dibandingkan di gedung. Biasanya sebuah badan pengelola akan membagi tugas menjadi dua untuk penanganan estate
yakni Property Management dan Facility Management.
Facility Management hanya bertugas diluar penagihan iuran dan diluar keuangan. Kualitas kebersihan, keamanan dan kenyamanan lah yang menjadi tugas facility management. Semua hal tersebut masih dalam cakupan cost oriented.
Apabila sudah masuk ke property management maka konsultan tersebut mengelola hal yang lebih berat lagi dimana dana harus digunakan seefisien mungkin. Atau juga bisa dimainkan sesuai dengan cost oriented yang dibutuhkan dalam tiap bulan. Konsultan pun diajak untuk membuat budgeting, target jangka panjang dan lain sebagainya.

Mana yang lebih menguntungkan, pengelolaan gedung dengan memakai konsultan atau mengelola sendiri? akan kita bahas di dalam tulisan yang berikutnya.

Regards,
Nugroho Aji, ST

(ProBiz/Edisi 19/Tahun 3/2011)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s