Pengaruh Sinar Matahari dalam Desain Arsitektur

Kenyamanan manusia dalam dunia arsitektur adalah hal yang menjadi tujuan utamadalam perancangan, dimana menurut Vitruvius ada tiga poin yang menjadi yang syarat suatu karya arsitektur yaitu Firmitas (kekuatan /kekokohan bangunan), Venustas (keindahan), Utilitas yang menyangkut kenyamanan thermal, fungsi di dalam bangunan, dll

Sering kita perhatikan bahwa dalam suatu kantor atau bangunan, orang-orang yang duduk  pada bagian sisi atau sudut tertentu, pada siang hari mereka terlihat tidak nyaman, ketidaknyamanan ini disebabkan oleh orientasi bangunanyang menuju utara-selatan sehingga bangunan mendapatkan sinar matahari yang terlalukhususnya pada pagi dan sore hari yang menyebabkan ruang menjadi panas.

Masalah yang ditimbulkan oleh ketidaknyamanan ini dapat menjadi serius bila tidak segera ditangani yang mengakibatkan kurangnya produktifitas dari karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya karena mereka akan mencari kenyamanan di tempat lain, atau menghindar dari panasnya matahari.

Karena itu, sangat penting dalam mendesain suatu bangunan atau layout interior, kita memperhatikan juga faktor sinar matahari, dan juga akibat yang bisa ditimbulkannya.

Radiasi matahari adalah penyebab semua ciri umum iklim dan radiasi matahari sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia.

Dalam perjalanan menuju permukaan bumi,radiasi matahari harus melewati atmosfir yang sebagian mengandung debu dan uap air. Jarak terpendek adalah radiasi vertical.
Secara teoritis, insolasi tertinggi akan sampai di permukaan bumi tegak lurus yaitu antara tropis cancer dan carpricorn.  Namun hal initidak akan mempertimbangkan sekumpulan faktor yang menyebabkan fluktuasi. Pengaruh radiasi pada suatu tempat tertentu dapat ditentukan terutama oleh:

-Durasi radiasi

-Intensitas

-Sudut jatuh
Durasi matahari setiap hari dapat diukur dengan otogral sinar matahari secarafotografis dan termoelektris. Lama penyinaran maksimum dapat mencapai 90%.
Durasi harian penyinaran matahari tergantung pada:
-Musim
-Garis lintang geografis tempat pengamatan
Untuk mengetahui posisi matahari, perlu perhitungan yang cukup rumit dan memakan waktu, tapi kita beruntung karena saat ini teknologi mampu menyediakan semua informasi itu.
Data-data yang kita butuhkan seperti yang terdapat pada gambar dibawah, dengan lokasi di Jakarta,  dapat kita dapatkan melalui http://www.gaisma.com/en/location/jakarta.html
Dengan data2 tersebut akan mempermudah kita untuk melakukan studi pengaruh sinar matahari terhadap desain yang kita buat.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s